Rumah yang Fitri, Rumah Pemenang

Renungan Idul Fitri 1441 H/2020

RUMAH YANG FITRI, RUMAH PEMENANG
Oleh: Mahsun

Kaum Muslimin yang berbahagia, 

Bersyukur kepada Allah SWT yang telah memperjalankan kita dengan Ramadhan di tahun 1441 H (2020 M) yang istimewa ini. Sejarah telah tertulis Ramadhan kita bersamaan dengan pandemi virus corona (covid-19), sehingga semua ritual agama dan sosial dipusatkan Dirumahsaja. Jamaah shalat wajib, tarawih, dan tadarus di rumah. Pun Jumatan diganti shalat dhuhur di rumah. Semua kegiatan sosial keagamaan yang selama ini menradisi di dalam Ramadhan ditiadakan.

Di balik semua itu, salah satu hikmahnya rumah kita berhiaskan tadarus dan shalat jamaah, juga kehangatan keluarga. Bukankah rumah yang sepi dari bacaan al Quran serupa kuburan?

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ وَهُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْقَارِيُّ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Abdurrahman Al Qariy dari Suhail dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syetan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim no 1300 versi kutubus tis’ah; isi kandungan [matan hadis] serupa terdapat di HR Tirmidzi 2802; Ahmad 7487 dan 8809)

Kaum Muslimin yang mulia, 

Ramadhan sudah kita jalani dengan dua pembuktian, yakni pembuktian ihtiar lahiriah dan juga ihtiar batiniah. Satu tujuan besarnya, memutus mata rantai sebaran virus dan sekaligus berakhirnya pandemi. Kita harus memiliki “sabar dan sabar,” baik selama proses usaha ataupun proses doa. Mari renungkan firman Allah swt:

“dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (QS Al Baqarah [2]: 155-156)

 وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ 

Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun maknanya: Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali. kalimat ini dinamakan kalimat istirjaa (pernyataan kembali kepada Allah). Disunatkan menyebutnya waktu ditimpa marabahaya baik besar maupun kecil.

Kaum muslimin yang berbahagia, 

Selain dengan kesabaran, upaya-upaya menghadapi pandemi corona ini sudah kita jalani sebagai kerja hifz nafs, (menjaga jiwa) dengan mengedepankan kepatuhan kepada pemerintah.

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا الْمُغِيرَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِزَامِيُّ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ يَعْصِنِي فَقَدْ عَصَى اللَّهَ وَمَنْ يُطِعْ الْأَمِيرَ فَقَدْ أَطَاعَنِي وَمَنْ يَعْصِ الْأَمِيرَ فَقَدْ عَصَانِي

“Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya telah mengabarkan kepada kami Al Mughirah bin Abdurrahman Al Hizami dari Abu Az Zannad dari Al A’raj dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Barang siapa mentaatiku sungguh dia telah mentaati Allah, dan barangsiapa bermaksiat kepadaku maka dia telah bermaksiat kepada Allah. Barangsiapa metaati seorang pemimpin sungguh dia telah mentaatiku, dan siapa saja bermaksiat kepada seorang pemimpin maka dia telah bermaksiat kepadaku.” Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Uyainah dari Abu Az Zinad dengan isnad ini, namun dia tidak menyebutkan, ‘Barangsiapa bermaksiat kepada seorang pemimpin’.” (HR Muslim no 3.417 versi kutubus tis’ah; isi kandungan [matan hadis] serupa terdapat di HR Muslim 3418; HR Bukhari 2737 dan 6604)

Kaum Muslimin yang mulia, 

1 Syawal ini adalah kemenangan kita. Jiwa kita telah tersucikan oleh Ramadhan. Rumah-rumah kita adalah pusat kemenangan, rumah yang fitri. Dengan tetap istiqomah mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus, mari kita saling memberi maaf kepada sesama. Demi kesempurnaan rumah kita sebagai rumah pemenang yang fitri.

حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال : قالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ .قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَبِي أُوَيْسٍ إِنَّمَا سُمِّيَ الْمَقْبُرِيَّ لِأَنَّهُ كَانَ نَزَلَ نَاحِيَةَ الْمَقَابِرِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ وَسَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ هُوَ مَوْلَى بَنِي لَيْثٍ وَهُوَ سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ وَاسْمُ أَبِي سَعِيدٍ كَيْسَانُ

“Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abi Iyas telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Dza’bi telah menceritakan kepada kami Sa’id Al Maqburiy dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang pernah berbuat aniaya (zhalim) terhadap kehormatan saudaranya atau sesuatu apapun hendaklah dia meminta kehalalannya (maaf) pada hari ini (di dunia) sebelum datang hari yang ketika itu tidak bermanfaat dinar dan dirham. Jika dia tidak lakukan, maka (nanti pada hari qiyamat) bila dia memiliki amal shalih akan diambil darinya sebanyak kezholimannya. Apabila dia tidak memiliki kebaikan lagi maka keburukan saudaranya yang dizholiminya itu akan diambil lalu ditimpakan kepadanya.” Berkata Abu ‘Abdullah Al Bukhariy berkata Isma’il bin Abi Uwais: “Sa’id dipangil namanya dengan Al Maqburiy karena dia pernah tinggal di pinggiran maqabir (kuburan). Berkata, Abu ‘Abdullah Al Bukhariy: Dan Sa’id Al Maqburiy adalah maula Bani Laits yang nama aslinya adalah Sa’id bin Abi Sa’id sedangkan nama Abu Sa’id adalah Kaisan”. (HR. Bukhari no 2269 versi kutubus tis’ah; isi kandungan [matan hadis] serupa terdapat di HR Bukhari 6053; Ahmad 9242 dan 10169)

***********
Tentang Penulis:
H. Mahsun, S.Ag, M.Si adalah Penyuluh Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Temanggung 

Home

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *